Virus corona dan pencegahanya




Virus corona atau bisa di sebut coronavirus menjadi salah satu masalah kesehatan di awal tahun 2020 yang paling banyak diperbincangkan.virus misterius ini sebelumnya belum pernah diidentifikasi pada manusia.

Laporan pertama datang dari Wuhan, China. Saat itu, sudah terdapat 59 korban dengan gejala yang menyerupai pneumonia. Pada perkembangannya, para ahli menemukan bahwa wabah tersebut disebabkan oleh jenis virus baru yang masih satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS.

Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan bahwa virus jenis ini biasanya ditularkan dari hewan ke manusia. Akan tetapi, dalam kasus ini penularan terjadi dari manusia ke manusia.


Virus dengan nama ilmiah Novel Coronavirus (2019-nCoV) ini diduga menyebar melalui udara seperti flu.penyakit ini tidak hanya menyerang China tapi juga sudah diidentifikasi sampai di Hong Kong.


Virus ini juga sudah mulai ditemukan di Thailand, Korea Selatan, Jepang, dan Taiwan. Dari kasus-kasus tersebut, diketahui bahwa korban pernah melakukan perjalanan ke Wuhan sehingga kemungkinan besar penyebabnya adalah virus yang sama.


Selain itu, Center of Disease Control dan Prevention (CDC) di Amerika Serikat juga mengonfirmasi adanya kasus serupa.

Melihat hal tersebut, pemerintah dari berbagai negara termasuk Indonesia melakukan berbagai hal untuk mencegah masuknya virus corona. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kewaspadaan di pelabuhan maupun bandara, terutama yang datang langsung dari China.

Penyebaran yang cukup mudah dan belum adanya vaksin maupun obat membuat virus corona menjadi salah satu kasus serius yang bisa menyebabkan nyawa melayang.


Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui gejala atau ciri-ciri infeksi virus corona untuk mewaspadainya.

Dilansir dari The Sun, gejala infeksi virus corona meliputi pilek, sakit kepala, demam, sesak napas, terasa sakit di badan, dan kedinginan. Dalam kebanyakan kasus, ciri-ciri penyakit ini memang mirip dengan flu biasa.

Bedanya, virus corona bisa menyebar ke saluran pernapasan bagian bawah yaitu tenggorokan dan paru-paru. Kondisi tersebut dapat menyebabkan pneumonia, sakit jantung, dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.


Untuk mencegah masalah virus ini, sobat  bisa menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun,menggunakan masker dan hindari juga menyentuh mata, hidung, atau mulut orang-orang yang sedang sakit.

Nah, itu dia Sobat beberapa hal tentang virus corona yang perlu sobat ketahui.

Comments

Popular posts from this blog

Make money $1000 in android

PROTOKOL KESEHATAN PENANGANAN COVID-19